Edutrip #1

25 Agustus 2022

Literasi CTARSA menginisiasi program Edutrip, yaitu kunjungan wisata edukasi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar dan mengeksplorasi lebih luas tentang ilmu pengetahuan secara langsung. Edutrip menjadi salah satu apresiasi belajar anak-anak wilayah binaan CTARSA Foundation agar lebih mengeksplorasi ilmu pengetahuan.

Edutrip #1 “Jelajah KRI” dilaksanakan di Koarmada 1, Pondok Dayung, Tj. Priok, Jakarta Utara yang berkolaborasi dengan TNI Angkatan Laut. Edutrip #1 melibatkan 68 anak-anak dari 4 wilayah binaan Literasi CTARSA Tahun 2022 yang terdiri dari: (1) Rumah Inspirasi CTARSA, Muaragembong, (2) Lapak Kp. Pemulung Kebagusan, Jakarta Selatan, (3) Kp. Pemulung Cikiwul, Bantargebang, dan (4) Kp. Pemulung Sumur Batu. Bantargebang. Selain anak-anak, Edutrip #1 melibatkan 7 relawan literasi, dan 10 tim CTARSA Foundation.

Kegiatan Edutrip #1 dimulai dari Sambutan pihak CTARSA Foundation dan pihak TNI Angkatan Laut, lalu dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan. Selanjutnya dilaksanakan apel pagi untuk pengarahan tata tertib dan penghormatan pada KRI. Setelah selesai apel pagi, anak-anak dibagi menjadi 8 kelompok kecil untuk menjelajah KRI Sultan Thaha Syarifuddin yang didampingi kakak-kakak pendamping dan TNI Angkatan Laut. Nantinya anak-anak akan berkeliling dari haluan, anjungan, buritan, bahkan bagian dalam KRI. Kemudian anak-anak akan diarahkan untuk mengisi worksheet (lembar aktivitas) mengenai “Jelajah KRI” dan kesan pesan selama Edutrip #1. Seluruh kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Edutrip #1 juga berkolaborasi dengan D’Ninis Bakery dalam penyediaan sarapan roti, Garuda Food dalam penyediaan snack kit, TRANSTV dan Jayatama dalam mengakomodir transportasi untuk anak-anak di 4 wilayah binaan Literasi CTARSA Tahun 2022.