Edutrip #2

12 Oktober 2022

Literasi CTARSA menginisiasi program Edutrip, yaitu kunjungan wisata edukasi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar dan mengeksplorasi lebih luas tentang ilmu pengetahuan secara langsung. Edutrip menjadi salah satu apresiasi belajar anak-anak wilayah binaan CTARSA Foundation. Edutrip dilaksanakan rutin 3 bulan 1 kali.

Edutrip #2 "Petualangan Wahana" dilaksanakan di TSM Theme Park Cibubur, Depok yang berkolaborasi dengan Trans Studio Theme Park Cibubur. Edutrip #2 melibatkan 70 anak-anak dari 4 wilayah binaan Literasi CTARSA Tahun 2022 yang terdiri dari: (1) Rumah Inspirasi CTARSA, Muaragembong, (2)Lapak Kp. Pemulung Kebagusan, Jakarta Selatan, (3) Kp. Pemulung Cikiwul, Bantargebang, dan (4) Kp. Pemulung Sumur Batu, Bantargebang. Anak-naak ini dibagi menjadi 7 kelompok yang didampingi kakak-kakak relawan pendamping dari lierasi. Selain anak-anak, Edutrip #2 melibatkan 10 relawan literasi, dan 40 tim yang terdiri dari relawan pendamping wilayah, tim support, dan tim CTARSA Foundation.

Kegiatan Edutrip #2 dimulai dari sarapan bersama D'Ninis Bakery, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak CTARSA Foundation yang diwakili oleh Bapak Gatut Mukti selaku General Manager CTARSA Foundation, lalu sambutan dari Bapak Yunianto Syafei selaku General Manager Trans Studio Theme Park Cibubur. CTARSA Foundation memberikan kenang-kenangan berupa piagam kolaborasi kepada pihak Trans Studio Theme Park Cibubur.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan istirahat, sholat Dzuhur, dan makan siang dari Wendys. Lalu kegiatan inti pun dimulai dengan PERIANG (Percobaan Science Menyenangkan) di Science Center dan terbagi menjadi 3 pos yaitu pos percobaan Kimia sederhana, pos Lingkungan, dan pos Aquarium Digital.

Setelah melalui 3 pos, anak-anak dan kakak pendamping diberikan waktu untuk berpetualang menaiki wahana permainan yang ada di Trans Studio Theme Park Cibubur. Selesai berkegiatan, anak-anak di setiap kelompok diberikan tugas untuk mengisi worksheet (lembar kerja) mengenai sampah, dan menuliskan kesan pesannya selama EDUTRIP #2. Seluruh peserta yang terlibat diberikan paket snack dari Garuda Food.

Edutrip #2 juga berkolaborasi dengan D'Ninis Bakery dalam penyediaan sarapan roti, Garuda Food dalam penyediaan snack kit, TRANSTV dan Jayatama dalam mengakomodir transportasi untuk anak-anak di 4 wilayah binaan Literasi CTARSA Tahun 2022, serta Trans Studio Theme Park Cibubur dalam penyediaan tiket Wahana Bermain.

Semoga Edutrip ini bisa menambah semangat adik-adik dalam belajar.